Sistem Pengajaran Pondok Pesantren Al Khoirot

Pondok Pesantren Al-Khoirot (Alkhoirot) Karangsuko Pagelaran adalah Pondok Pesantren yang memiliki visi untuk mencetak generasi muda yang berkualitas di bidang ilmu agama, ilmu umum, dan berkepribadian akhlakul karimah. Yaitu pribadi yang memiliki hubungan berkualitas dengan Allah (hablun minalllah), dengan sesama manusia (hablun minannas), mengamlkan syariah Islam, menjunjung tinggi nilai-nilai universal dan menghormati etika lokal.

Misi dari Ponpes Al-Khoirot adalah memberikan kesempatan akses pendidikan berkualitas kepada seluruh generasi muda Islam tanpa memandang latar belakang ekonomi dan strata sosial. Di Pondok Pesantren Al-Khoirot kemiskinan bukan menjadi penghambat untuk belajar dan menjadi pintar. Karena itu, biaya pendidikan di PPA ditekan sedemikian rupa sehingga semua pelajar dari level ekonomi paling rendah sekalipun dapat belajar di Pesantren Al-Khoirot.

Pengajian Kitab Kuning

Pengajian Kitab Kuning yang disebut juga dengan kitab turots, kitab gundul atau kitab klasik adalah salah satu aktifitas rutin yang harus diikuti oleh seluruh santri Al-Khoirot. Ciri khas ini menjadikan pesantren Al-Khoirot memiliki ciri khas sebagai pesantren salaf.

Sebagai pesantren yang berlandaskan Ahlussunnah Wal Jamaah, kitab-kitab yang dikaji disesuaikan prinsip tersebut. Kgiatan belajar mengajar kitab kuning memakai sistem sorogan (santri yang membaca pada kyai) dan siste wethonan atau bandongan (kyai membaca santri mendengarkan).

Pengajian kitab harian yang dibaca oleh pengasuh/pimpinan Pesantren setiap pagi adalah sebagai berikut: Tafsir Jalalain . Hadits Sahih Bukhari . Al-Umm Lisy Syafi’i . Muhadzab . Fathul Wahhab . Iqna’ . Syarh Ibnu Aqil . Minhajul Abidin . Faraidul Bahiyyah . Al Tahdzib.

Pendidikan Formal

Pondok Pesantren Al-Khoirot memiliki 2 (dua) pendidikan formal tinggal SLTP dan SLTA yaitu Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Khoirot dan Madrasah Aliyah (MA) Al-Khoirot.

Pondok Pesantren Al Khoirot Putri

Perlu dicatat bahwa pendidikan formal yang ada di PPA hanya dapat diikuti oleh santri Al-Khoirot. Artinya, agar diterima di MTS dan MA Al-Khoirot, pelajar yang bersangkutan harus terdaftar sebagai santri PPA.
 

Madrasah Diniyah

Madrasah Diniyah atau Madin Al-Khoirot adalah sekolah khusus agama yang menjadi bagian integral dari sistem di Pondok Pesantren Al-Khoirot. Sistem kelas dalam Madin ini terdiri dari I’dad (persiapan), Ula I, Ula II, Wustho I, Wustho II, Ulya I dan Ulya II.

Program Madin adalah program yang wajib diikuti oleh seluruh santri. Jadi, PPA memiliki 3 (tiga) program yang wajib diikuti yaitu Pengajian Kitab Kuning, Pendidikan Formal dan Madrasah Diniyah.
 

Tahfidzul Qur'an

Tahfidzul Quran adalah program yang baru diperkenalkan pada tahun 2012. Program yang berada di bawah koordinasi KH. M. Hamidurroham ini tidak wajib diikuti oleh santri. Namun menjadi salah satu program yang memiliki banyak peminat sejak pertama kali diadakan.
 

Ma'had Aly

Ma’had Aly adalah program anyar yang baru diperkenalkan pada bulan November 2012. Program ini khusus diperuntukkan bagi santri yang sudah mencapai tingkat advanced. Santri dari luar dapat langsung mengikuti program ini apabila lulus dalam tes masuk.

Ma’had Aly bertujuan untuk mencetak santri yang mampu dan memenuhi syarat untuk menjadi seorang mujtahid atau minimal mengetahui alur logika seorang mujtahid dalam berijtihad atau intinbath hukum.

Materi yang diajarkan pada tahun pertama ini adalah: . Tafsir Ayat Ahkam Ash Shabuni . Subulus Salam Syarh Bulughul Maram . Ihya’ Ulumuddin . Jam’ul Jawamik.
 

Bahasa Arab

Yang dimaksud bahasa Arab di sini adalah bahasa Arab modern yang mencakup percakapan (muhawarah), membaca (qira’ah), mendengar (istima’) dan menulis (kitabah).

Sedangkan program bahasa Arab yang lebih mendalam sudah tercakup dalam program madrasah diniyah dan pengajian kitab kuning.
 

Ekstra Kurikuler Pesantren

  1. Program Khitabah wad Da’wah
  2. Bahtsul Masa’il
  3. Mentoring (halaqah, tarbiyah)
  4. Pelatihan kompetensi baca kitab kuning sistem cepat (Amtsilati)

Keterampilan

  1. Sablon
  2. Pangkas rambut
  3. Menjahit
  4. Komputer

Fasilitas

  1. Lab Komputer
  2. Perpustakaan (Sekolah dan Pesantren)
  3. Penerbitan: Pustaka Alkhoirot
  4. Lapangan olahraga
  5. Asrama Putra Putri
  6. Pertokoan
Pondok Pesantren Al-Khoirot Karangsuko Pagelaran (dulu, Gondanglegi), Malang, Jatim didirikan pada tahun 1963 oleh K.H. Syuhud Zayyadi.

Pondok Pesantren Al-Khoirot
Karangsuko Pagelaran (Gondanglegi) Malang 65174
Jawa Timur Indonesia
Email: info@alkhoirot.com atau alkhoirot@gmail.com
Telp./Fax.: 0341-879830

0 Response to "Sistem Pengajaran Pondok Pesantren Al Khoirot"

Posting Komentar

Info Pesantren. Diberdayakan oleh Blogger.