Jenis Pendidikan Di Pondok Pesantren Al Hamidiyah

Jenis Pendidikan Di Pondok Pesantren Al Hamidiyah | Pesantren Al-Hamidiyah menerapkan Sistem Pendidikan Integral (Terpadu) yaitu sistem pendidikan yang menyatukan seluruh aktivitas yang berhubungan dengan proses pendidikan termasuk didalamnya proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran pesantren, yakni menghasilkan santri/siswa yang berwawasan luas dan mampu menjawab tuntutan zaman.

Disamping itu, pesantren Al-Hamidiyah mengembangkan program Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Tahfidzul Qur'an dan kemampuan berdakwah santri/siswa.

Kelompok Bermain (Play Group) dan Taman Kanak-kanak (TK)

Dibuka pada tanggal 18 Juli 1991 (TK) dan 1 Maret 2003 (Play Group) dengan tujuan untuk pembentukan sikap, watak dan kepribadian anak yang berahlakul karimah, menjadi pribadi yang kreatif dan mandiri melalui aktivitas pembelajaran yang kreatif dalam bentuk permainan yang menyenangkan sesuai dengan kondisi anak usia bermain.
 

Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ)

Dibuka pada tanggal 17 Juli 1991 seiring dengan keinginan para orangtua yang memerlukan pendidikan agama Islam bagi putra/putrinya dalam lingkungan pesantren. TPQ adalah pendidikan non formal yang menerapkan kurikulum paduan antara LPPTKA dengan kurikulum muatan lokal pesantren. Hingga saat ini TPQ Al-Hamidiyah telah menghasilkan anak didik yang mampu membaca Al-Qur'an dengan fasih. Pada tahun 2003 TPQ Al-Hamidiyah menerima piagam penghargaan dari LPPTKA wilayah DKI sebagai unit percontohan untuk wilayah Depok.
 

Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Hamidiyah

Dibuka pada tanggal 17 Juli 2003 untuk menyikapi pengaruh globalisasi dan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Berbasis Teknologi, menekankan pada ketercapaian kompetensi murid, pembelajaran ditujukan untuk mengembangkan kecerdasan majemuk yang dimiliki anak, dan diadakan program perbaikan dalam upaya pencapaian ketuntasan belajar

Madrasah Tsanawiyah (MTs)

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Hamidiyah adalah jenjang pendidikan setaraf SMP yang berciri khas agama Islam yang diselenggarakan Depag dengan ditambah muatan-muatan kepesantrenan. MTs Al-Hamidiyah mendapat pengakuan formal dari Departemen Agama yaitu "Status Disamakan" dan menerima piagam penghargaan dari Kanwil Departemen Agama Jawa Barat sebagai Madrasah terbaik III se-Propinsi Jawa Barat pada tahun 1991.

Madrasah Aliyah (MA)

Madrasah Aliyah (MA) Al-Hamidiyah adalah jenjang pendidikan setaraf SMU yang berciri khas agama Islam yang diselenggarakan Depag dengan ditambah muatan-muatan kepesantrenan. Seperti halnya MTs, MA Al-Hamidiyah juga telah mendapat pengakuan formal "Status Disamakan" dari Departemen Agama. Mulai tahun 2001, MA Al-Hamidiyah memiliki kelanjutan studi ke IPB, UGM, UIN dan UNJ melalui jalur PMDK.

Keadaaan Santri di Pesantren Al Hamidiyah saat proses pembelajaran

MA Al-Hamidiyah membuka 3 program pilihan yaitu:
  1. Program Ilmu-ilmu Keislaman (MAK)
  2. Program Ilmu-ilmu Alam (IPA)
  3. Program Ilmu-ilmu Sosial (IPS)

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI)

Didirikan pada tanggal 23 Februari 1991, dengan 3 program pilihan yaitu:
  1. Program D.2
  2. Program S.1 (reguler dan Intensif)
  3. Program Akta IV 

Demikianlah jenis pendidikan yang terdapat di Pondok Pesantren Al Hamidiyah. Ingin mendaftarkan putra - putri kalian atau hanya sekedar ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang Pondok Pesantren Al Hamidiyah? Silakan kunungi Website resmi Pondok Pesantren Al Hamidiyah Disini

2 Responses to "Jenis Pendidikan Di Pondok Pesantren Al Hamidiyah"

  1. Assalamualaikum pak....
    Sy ingin tanya.....ank sy duduk di kls 4 apakah pondok msh menerima siswa pindahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bu Chanaya Poetri : Silakan ibu cari informasi ke website resminya (alhamidiyah.com) atau bisa datang ke
      Jl. Raya Depok Sawangan KM. 2 No. 12
      Rangkapan Jaya, Kota Depok 16435

      Telp. (021) 77885436-37, 77880431-32, 77880612
      Fax. (021) 77885436, 77885453

      Hapus

Info Pesantren. Diberdayakan oleh Blogger.